Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

“Ok. Saya setuju usulan bapak, ibu sekalian. Penanggungjawab tiga bagian, menyelesaikan temuan masing-masing. Dikumpulkan Hari Senin, tanggal 8 Agustus 2022.”

Begitu respon Drs.Bambang Sage,M.Si, dalam rapat tindak lanjut temuan ISO 9001:2015. Untuk, menjawab email Lembaga Sertifikasi Sis Cert, Senin, kemarin. Dilaksanakan, usai Kegiatan Se’i Sapi hari ini, Selasa (2/8/2022).

“Saya berharap, kita selesaikan sebelum waktu yang diminta. Hari Senin, dilaporkan kepada Pak Lucky dan Pak Hery, selaku auditor internal kita. Hari Selasa, kami akan membahasnya kembali. Untuk, kita kirimkan, sebagai jawaban temuan unit. Paling lambat Hari Rabu, tanggal 10 Agustus sudah kita kirim,” lanjut Bambang.

Dalam rapat yang dipimpin Koordinator Mutu Biro PBJ NTT itu, ditayangkan seluruh hasil temuan minor. Plus, tiga saran perbaikan yang dapat ditindaklanjuti. Harus segera dijawab, dalam 14 hari kalender. Maksimal, harus sudah dijawab tanggal 15 Agustus 2022. Sesuai, ketentuan yang diatur dalam Standar Nasional Indonesia ISO 9001:2015.

ISO 9001 sendiri adalah sebuah standar internasional. Standar yang menetapkan persyaratan, untuk sistem manajemen mutu. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1987, oleh Internasional Organization for Standardization (ISO). Yaitu, sebuah lembaga internasional yang beranggotakan lebih dari 160 negara, berbadan standar nasional. Versi yang digunakan saat ini, merujuk kepada rilis mereka di bulan September 2015.

Standar penilaian ini menerapkan pendekatan proses, dengan pemikiran berbasis risiko. Penggunaan standar dimaksud, untuk menunjukan, mengukur konsistensi dan kemampuan organisasi, menyediakan kebutuhan masyarakat, sebagai pelanggan utama.

Dengan runut, Bambang menginformasikan tiga temuan auditor ekseternal. Pada pelaksanaan audit surveillance kedua, di Hari Kamis lalu (28/7/2022). Mayoritas temuan minor, terkait penyempurnaan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP).

Dalam pernyataan temuan (Statement of nonconformance) hal itu disebutkan. Bahwa, penetapan standar proses di Biro Pengadaan Barang dan Jasa NTT, melalui pembakuan prosedur terdokumentasi (SOP), telah konsisten diimplementasikan. Dan, telah dilakukan kaji ulang (review/ evaluasi). Nampak, kesesuaiannya dengan aktivitas secara berkala, oleh tim penjamin mutu. Bersama koordinator ISO serta bagian terkait. Akan tetapi, ada beberapa SOP yang perlu dilengkapi dan direvisi, untuk peningkatan mutu prosesnya.

Dua temuan lain terkait Clause 7.5 dan pemenuhan Clause 9.2. Menyangkut, informasi terdokumentasi dan audit internal. Tim bersepakat, perbaikan bisa dilakukan lebih cepat. Untuk, dikirim sebelum tanggal yang diminta. Tetap Sehat, Tim Pengelola ISO 9001;2015 Biro PBJ NTT.

 

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia