Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

“Dengan memohon ridho, berkat dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini saya resmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kota Kupang Provinsi NTT,” Demikian disampaikan Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikan RSUP dr. Ben Mboi pada Rabu (6/12/2023). 

Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin,CHFC,CLU, Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake,SH.,MDC dan Dirut RSUP dr. Ben Mboi dr. Annas Ahmad, dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, meninjau ketersediaan fasilitas kesehatan dan sejumlah ruang pelayanan di rumah sakit ini.  Dalam sambutannya, Jokowi menuturkan bahwa RSUP dr. Ben Mboi merupakan rumah sakit terbesar di Indonesia Bagian Timur khususnya Provinsi NTT, karena dilengkapi peralatan kesehatan super modern. 

“Rumah sakit ini adalah yang terbesar di Indonesia Bagian Timur, khususnya di Provinsi NTT. Menempati lahan seluas 14 hektar dan luas bangunan 35.000 meter persegi serta menghabiskan anggaran kurang lebih Rp. 420 Miliar," Jelas Jokowi.

"Tadi saya lihat MRI (Magnetic Resonance Imaging) , saya lihat CT ( Computed Tomography) Scan-nya, saya berpikir ini yang mengoperasikan ada ndak ? Karena peralatannya super modern, mestinya ada kerjasama dengan rumah sakit lain untuk pengoperasian alat ini. Ada tadi seperti CT Scan, satu alat saja saya tanya Pak Menteri Kesehatan harganya Rp. 20 Miliar. Ini yang harus terus kita rawat," begitu ingat Jokowi.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi berharap infrastruktur kesehatan ini mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tak lupa agar diikuti dengan upaya serius untuk meningkatkan SDM khususnya ketersediaan dokter spesialis dan subspesialis untuk memenuhi kekurangan yang ada. 

Selain itu, Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin,CHFC,CLU dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan RSUP dr. Ben Mboi merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur kesehatan di Wilayah Indonesia Timur. "Setelah sebelumnya meresmikan di wilayah Ambon, hari ini di Kota Kupang. Rencananya akan diresmikan dua Superhub, di Surabaya kemungkinan akan selesai di bulan Juni atau Juli 2024 untuk menarik pasien-pasien yang membutuhkan perawatan lebih kompleks di Bali, NTB dan NTT. Superhub kedua di Makassar, kemungkinan selesai pada Bulan Juli 2024, untuk menarik pasien-pasien dari rumah sakit di Ambon (Maluku), Papua dan Kalimantan,” demikian terang Budi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi pada kegiatan ini, Istri Alm. Ben Mboi sekaligus Menteri Kesehatan RI masa Kabinet Indonesia Bersatu II Nafsiah Mboi Walinono, Forkopimda Provinsi NTT, Penjabat Walikota Kupang Fahrensy P. Funay,SE,M.Si, Jajaran Manajemen RSUP dr. Ben Mboi bersama para tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia