Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Dalam pelaksanaan pembangunan, masyarakat merupakan pelaku sekaligus penerima manfaat hasil pembangunan.  Oleh karena itu sangat dibutuhkan keterlibatan masyarakat secara aktif guna mewujudkan hasil pembangunan yang berkualitas, khususnya dibidang jasa konstruksi. Keterlibatan aktif masyarakat sebagai bentuk pengawasan, pelaksanaan jasa konstruksi dapat disampaikan berupa ide atau gagasan, harapan, maupun kritik yang disalurkan melalui suatu Forum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi.

Dalam Ketentuan UU dimaksud, Penyelenggaraan peran masyarakat terhadap pelaksanaan jasa konstruksi dilaksanakan melalui Forum Jasa Konstruksi yang anggotannya terdiri dari unsur Asosiasi, Perusahaan jasa konstruksi, asosiasi profesi jasa konstruksi, asosiasi perusahaan barang dan jasa mitra kerja jasa konstruksi, masyarakat intelektual, organisasi kemasyarakatan yang berkaitan dan berkepentingan di bidang jasa konstruksi dan atau yang mewakili konsumen jasa konstruksi, dan unsur - unsur lainnya yang dianggap perlu.

Forum dan Rakor Tim Pembina Jasa Konstruksi merupakan sarana komunikasi, konsultasi dan informasi antara masyarakat Jakon dan Pemerintah baik itu ditingkat Nasional maupun ditingkat Daerah dalam bentuk pertemuan tetap yang sifatnya independen dan mandiri, untuk membahas secara transparan mengenai berbagai persoalan yang berkaitan dengan penyelenggaraan  Jakon di daerah.

Dalam pelaksanaannya, pembinaan dapat dilakukan oleh Pemerintah Provinsi antara lain melalui kegiatan forum yang merupakan fasilitas dan/atau sarana untuk mendorong terciptanya pemanfaatan dan pengawasan secara optimal terhadap penyelenggaraan jasa konstruksi Nasional bagi masyarakat pada umumnya dan atau masyarakat jasa konstruksi pada khususnya di daerah.  Oleh karena itu Pemerintah Provinsi NTT/Tim Pembina Jasa Konstruksi Prov. NTT  senantiasa mengagendakan pelaksanaan Forum Jakon pada setia  tahun.  Penyelenggaraan Forum Jakon Tahun 2017 yang dipadukan dengan kegiatan Rakor Tim Pembina Jakon diselenggarakan selama 2 hari, tanggal 6 s/d 7 Juli 2017, bertempat di Swiss-Belinn Kristal Kupang.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian Sambutan Gubernur yang diwakili oleh Ir. Andre Koreh, MT. (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) sekaligus sebagai Sekretaris Tim Pembina Jakon Provinsi NTT.  Dalam sambutannya, Bapak Gubernur menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Tim Pembina Jakon Provinsi yang senantiasa merencanakan dan mengagendakan penyelenggaraan  Forum Jasa Konstruksi Provinsi NTT yang pelaksanaannya dipadukan dengan  Rapat Koordinasi Tim Pembina Jakon Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT.  Kehadiran semua unsur yang terkait dengan Jasa Konstruksi khususnya didukung oleh Pengurus LPJK Provinsi NTT yang baru (Periode 2016-2020), tentu kita berharap dapat terbangun sinergitas baru, meningkatkan energi positif dalam  mendukung pengembangan  dan pembinaan Jakon di daerah ini.  Dengan demikian saya berharap  penyelenggaraan Forum ini dapat memberikan hasil positif bagi percepatan pencapaian tujuan penyelenggaraan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat di Provinsi NTT.

Berita Terkait

Forum Jasa Konstruksi Daerah Prov. NTT 2016

PENYELENGGARAAN JASA KONSTRUKSI YANG BERKUALITAS

Peserta Seleksi Diwawancarai oleh Tim Seleksi Pejabat Fungsional PBJ

Seleksi Calon Pejabat Fungsional Pengadaan Barang/Jasa Provinsi NTT

Studi Banding ULP Dan DPRD Provinsi NTT ke Gorontalo

Rapat Inventarisasi Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan

Keterangan Foto Ditulis Disini

Bimtek Penyusunan HPS Dan Standarisasi Dokumen Pengadaan

Keterangan Foto Ditulis Disini

Bimtek Pengisian Rencana Umum Pengadaan (RUP)

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia