Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Hari Selasa (9/9/2022), jawaban temuan auditor eksternal, kami kirimkan. Tiga temuan minor dan tiga saran perbaikan diteruskan, kepada Sis Cert. Lengkap dengan bukti-buktinya.

Sebelumnya, Hari Senin (8/9/2022). Berhasil tim rangkum, semua yang diperlukan. Lembaga sertifikasi ISO 9001;2015 itu memberi waktu 14 hari kerja. Untuk, penyempurnaan temuan minor dan saran perbaikan.

Jika melihat jadwal, tindak lanjut hasil temuan unit itu harus sudah mereka terima, paling lambat tanggal 15 Agustus 2022. Syukur, tim kami berhasil. Mengerjakan lebih cepat. Lembaga sertifikasi ISO 9001;2015 itu, kemudian memberi respon positif. Akan dilihat kembali, ditelaah, ditelusuri semua bukti yang kami kirim.

Clause 8.1  Clause 7.5 dan Clause 9.2 temuannya. Unit Kerja PBJ ini diminta untuk, menyempurnakan tujuh Standar Operasional Prosedur (SOP). Melakukan penomoran dokumen, penggunaan daftar periksa dan daftar simak. Dijelaskan, dalam SOP yang berkaitan dengan penggunaan formal formnya. Terakhir, penyempurnaan rekomendasi temuan audit internal ISO Biro PBJ NTT.

Secara umum, terlihat bahwa penetapan standar proses di Biro Pengadaan Barang dan Jasa NTT sudah baik. Pembakuan prosedur terdokumentasi, telah konsisten diimplementasikan. Bahkan, sudah dilakukan evaluasi.

Beberapa formal form pemeriksaan seperti daftar simak kelengkapan review, telah ditetapkan dan diimplementasikan. Pelaksanaan audit internal, juga dinilai sangat baik dan konsisten.

Saran, juga diberikan dari hasil pengamatan mereka. Salah-satu saran, Biro PBJ NTT diminta untuk mempersyaratkan penggunaan e-mail kedinasan. Agar, pengiriman dan penerimaan data kedinasan menggunakan sarana email formal, yang telah ditentukan. Menghindari penggunaan media sosial, terutama data-data yang memiliki nilai confidentiality cukup tinggi.

Saran lainnya, terkait peningkatan kompetensi dan kapasitas SdM internal. Agar dipertimbangkan, target pemenuhan 20 jam pelajaran untuk SdM biro. Ditetapkan dalam target pemenuhan. Diukur melalui sasaran mutu organisasi dan dilakukan evaluasi berkala.

Seluruh temuan, bisa dijelaskan juga dibuktikan. Kami optimis, status Certified unit bisa dipertahankan. Terima kasih, untuk kerjasama tim. Sampai jumpa pada recertification, di Tahun 2023.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia