Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Terlantik Penjabat Bupati Flores Timur dan Lembata

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake,SH,MDC resmi melantik Sulastri Rasyid,S.Pi,M.Si sebagai Penjabat Bupati Flores Timur yang sebelumnya adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT dan Paskalis Ola Tapo Bali,A.P,MT sebagai Penjabat Bupati Lembata, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata di Aula El Tari Kupang pada Selasa Sore (28/5).

NTT Raih Digital Government Award 2024

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menerima penghargaan Digital Government Award dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 sebagai penerap terbaik kategori Pemerintah Daerah. Penghargaan tersebut diterima Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia G. L. Kalake dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada Senin (27/5).

Sukacita Bagi Masyarakat NTT

"Peristiwa Pentahbisan Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni tentunya bukan hanya menjadi sukacita umat Keuskupan Agung Kupang dan keluarga dari Mgr. Hieronimus Pakaenoni semata tetapi menjadi sukacita seluruh masyarakat NTT dari berbagai latar belakang etnis, suku, budaya dan agama sebagai daerah Nusa Terindah Toleransi," sebut Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake saat menghadiri Perayaan Misa Pentahbisan Uskup Agung Kupang Mgr. Hironimus Pakaenoni di Gereja Katedral Kristus Raja Kota Kupang pada Hari Kamis 9 Mei 2024. 

Ulang Tahun REI

"Selamat Ulang Tahun kepada REI yang ke-52 dan terima kasih karena telah menunjuk Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan puncak HUT REI. Kegiatan ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah ini. Kami harap para peserta dapat berkeliling ke pulau-pulau dan jangan lupa berbelanja tenun ikat dan produk-produk UMKM dari NTT," begitu kata Penjabat Gubernur Ayodhia dalam Gala Dinner Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun ke-52 Real Estate Indonesia (REI) yang diselenggarakan di Marina Waterfront  Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada Jumat malam (26/4/24).

Hari Otonomi Daerah 2024

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam arahannya mengungkapkan tema Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan yang ramah lingkungan dalam Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/24). Harapannya agar dapt diperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran pemerintah termasuk pemerintah daerah akan amanah untuk mendukung pembangunana keberlanjutan, pengelolaan negara termasuk sumbar daya alam beserta lingkungan hidup.

Rencana Lokasi PLTS

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH,MDC melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari sejak tanggal 5 hingga 6 Maret di Kabupaten Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya. Memulai kunjungan kerja hari pertama, Ayodhia langsung meninjau lokasi yang direncanakan akan menjadi tempat Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  yang berlokasi di Desa Lenang Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Kunjungan Kerja Ke TTS

Dua hari kunjungan kerja Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L Kalake, SH,MDC datangi sejumlah tempat di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Diawali Hari Rabu (28/2), Penjabat Gubernur menyambangi Puskesmas Siso, Kecamatan Molo Selatan. Ia disambut Penjabat Bupati TTS, Seperius E. Sipa bersama jajaran perangkat daerah Pemerintah Kabupaten TTS.

Investasi Komoditas Buah

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC pada Hari Senin, 26 Februari 2024 berkunjung ke PT. Great Giant Pineapple (GPP). Perusahaan ini berada di Provinsi Lampung tepatnya di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau lahan perkebunan, melihat langsung pabrik proses produksi buah nanas mulai dari tahap awal hingga pengemasan (pengalengan) serta jus nanas olahan sebagai produk utama PT Great Giant Pineapple.

Stok Beras Aman

"Terkait dengan stok beras kita pastikan aman. Kemarin kita sudah cek ke Gudang Bulog, dipastikan stok beras siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga idul fitri."

Demikian kata Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC saat memimpin Acara High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi NTT dari ruang rapatnya, Rabu (21/2).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat koordinasi dan kolaborasi setiap pemangku kepentingan dan stakeholders dalam upaya pengendalian inflasi Daerah. Juga sebagai upaya meningkatkan kerja sama antar kabupaten dan kota untuk memperkuat pemenuhan kebutuhan logistik dalam pengendalian Inflasi.

Selain perlunya dipastikan stok beras yang harus tercukupi, Penjabat Gubernur NTT juga menekankan perlunya kerja sama antara kabupaten dan kota untuk pemenuhan kebutuhan logistik, rutinitas pemantauan kestabilan harga barang di pasar serta kampanye gerakan menanam. Bila stok pangan, komoditi yang tersedia cukup atau lebih di sebuah kabupaten maka dapat disuplai untuk pemenuhan kebutuhannya oleh kabupaten tetangga. Hal ini untuk menghemat ongkos pengiriman logistik dari luar provinsi.

"Saya berpesan Bupati dan Walikota bersama semua pihak yang memiliki tanggung jawab terkait inflasi, agar harus sering memantau kestabilan harga barang di pasar, cek ketersediaan stok pangan. Adapun perlu kita perkuat gerakan menanam misalnya menanam cabai di setiap rumah tangga. Ini juga dapat membantu pengendalian inflasi sesuai arahan Mendagri," jelas Ayodhia

HLM TPID ini dipimpin juga dihadiri oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT,  Flori Rita Wuisan, para pimpinan perangkat daerah lingkup Provinsi NTT, Kepala Perum Bulog Wilayah NTT Himawan Nugraha, Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT Agus Sistyo Widjajati, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi NTT Matamira B. Kale, Kepala Kanwil Dirjen Perbendahaan NTT Catur Ariyanto Widodo. Sementara itu, Para Penjabat Bupati dan Penjabaj Walikota se- NTT  turut hadir mengikuti rapat ini secara virtual.

Untuk diketahui bersama, berdasarkan data dari BPS Provinsi NTT terkait perkembangan inflasi di NTT per Januari 2024 year on year (YoY) sebesar 2,70%. Berada dalam target rentang sasaran dan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan angka Inflasi Nasional  YoY 2,57%. Mulai Januari 2024 perhitungan Indeks Harga Konsumen (IHK) terhadap 5 Kabupaten dan Kota di Provinsi NTT yaitu Kota Kupang, Maumere, Waingapu yang mencerminkan Inflasi urban perkotaan dan tambahan Kabupaten Ngada dan Kabupaten TTS yang mencerminkan inflasi Urban dan juga inflasi Rural dimana Kota Kupang 1,86%, Maumere 3,57%, Waingapu 3,57%, Kab. Ngada 2,65%, dan Kab. TTS sebesar 4,50%.

Fokus Pengendalian Inflasi

"Saya minta kita untuk fokus dalam upaya pengendalian inflasi. Dalam rapat koordinasi ini kita harus menghasilkan suatu keputusan yang sama-sama kita laksanakan. Ada saran baik yang bisa kita kembangkan dan fokus bagaimana penanganannya, seperti soal kenaikan harga barang."

Pasar Murah Bersubsidi

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH,MDC menghadiri kegiatan Pasar Murah Bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan yang mengalami dampak inflasi daerah Tahun 2024 bertempat di Halaman Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT pada Hari Sabtu (17/2). 

Perkuat Kerja Sama dan Sinergitas

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC melantik tiga Penjabat Bupati yaitu Penjabat Bupati Rote Ndao, Penjabat Bupati Timor Tengah Selatan dan Penjabat Bupati Manggarai Timur. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula El Tari Kupang pada Hari Jumat, 16 Februari 2024.

Pemantauan Hasil Pemilu

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH., MDC memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan, Evaluasi,  Pelaporan Situasi dan Dinamika Perkembangan Politik Hasil Pelaksanaan Pemilu (Pemilihan umum) Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif Tingkat Provinsi NTT bertempat di Ruang Rapat Gubernur NTT, pada Hari Kamis (15/2). 

Penjabat Coblos Di Oebobo

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH,MDC menggunakan hak pilihnya pada gelaran Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang pada Hari Rabu (14/2).

Kampanye Pemilu Damai

"Kita akan melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif. Gunakan hak pilih sesuai hati nurani, pilihan politik boleh beda, tapi kita tetap satu dan bersaudara dalam satu ikatan Flobamorata."

Pengukuhan Kepala BI Perwakilan NTT

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH, MDC menghadiri Upacara Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur bertempat di Aula Nembrala Kantor Perwakilan BI NTT, Rabu (7/2). Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan Petikan Surat Keputusan Gubernur BI kepada Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati dan penyerahan piagam penghargaan dari Gubernur BI kepada Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT sebelumnya, Stefanus Donny Handoko Heatubun oleh Deputi Gubernur BI, Juda Agung.

Tiga Problem Bangsa

Proporsi beban jumlah pegawai yang ditanggung pemerintah daerah jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pusat. Sebanyak 78 persen pegawai ada di daerah sementara 22 persen sisanya berada di pusat. Dengan rasio proporsi pegawai yang berbanding terbalik itu menyebabkan kapasitas pemerintah daerah dalam memberikan layanan penyelenggaraan kewenangan menjadi sangat lemah dan terbatas. Hasilnya, Standar Pelayanan Minimal (SPM) pemerintah daerah rata-rata hanya mencapai angka 58 persen untuk provinsi dan 59 persen untuk kabupaten/kota. Sebaliknya, Kementerian dengan porsi APBN yang sangat besar ternyata memiliki keterbatasan kemampuan rentang kendali hingga ke daerah, terutama di Daerah Kepulauan dan Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia