Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Kota Kupang, Presiden Joko Widodo juga berkesempatan meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng yang terletak di Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak pada Hari Rabu (06/12/2023),  Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri PUPR RI Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC dan Penjabat Walikota Kupang Fahrensy P. Funay, SE, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo meminta agar dengan diresmikannya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng ini dapat digunakan sebaik-baiknya. Agar dapat juga disambungkan ke rumah warga di Kota Kupang karena dari target 15.000 sambungan baru terpakai kurang lebih 3.000 sambungan rumah tangga.

“Di NTT, di musim kemarau, selalu air menjadi persoalan besar, baik untuk kepentingan Rumah Tangga maupun untuk kepentingan pertanian. Hari ini kita akan membuka Sistem Penyediaan Air Minum Kali Dendeng di Kota Kupang. Ini akan bisa dipakai untuk 15.000 sambungan Rumah Tangga, tetapi baru terpakai kurang lebih 3.000 sambungan Rumah Tangga. Artinya masih ada sisa yang sangat besar sekali,” demikian ucap Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga meminta Menteri PUPR untuk membantu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk meningkatkan dan menyelesaikan sambungan rumah tangga yang belum dikerjakan.

“Saya minta ke Pak Menteri PU, agar sambungan ke Rumah Tangga ini segera dibantu dari pemerintah pusat untuk segera diselesaikan. Harusnya ini tanggung jawab daerah, tanggung jawab kota, tanggung jawab provinsi dan tanggung jawab PDAM. Tetapi, untuk NTT ini akan kita bantu dari pemerintah pusat. Untuk Kupang akan kita bantu dari Pemerintah Pusat,” tambah Presiden.

Adapun SPAM Kali Dendeng ini sudah mulai dikerjakan sejak Tahun 2020, dengan alokasi anggaran sebesar 173 miliyar rupiah. Untuk itu Presiden Jokowi sungguh berharap agar SPAM Kali Dendeng ini dapat mengatasi permasalahan air, khususnya air minum di Kota Kupang. 

“Ini dibangun sejak Tahun 2020 dan menghabiskan anggaran 173 Miliyar rupiah. Sehingga, ini akan memberikan kepastian bahwa untuk urusan air, utamanya air minum di Kota Kupang dan sekitarnya, bisa disuplai dari SPAM Kali Dendeng,” tambah Jokowi.

Mengakhiri sambutan singkatnya, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan informasi terkait dengan bidang pertanian, dimana terdapat tujuh waduk yang sudah selesai dan akan segera selesai dibangun di Tahun 2024.

“Yang kedua, juga yang berkaitan dengan pertanian. Ada tujuh waduk yang sudah selesai dibangun dan akan segera selesai pada Tahun 2024 nantinya. Ini juga akan memberikan efek luar yang biasa pada produktifitas pertanian sawah yang ada di NTT,” pungkas RI Satu itu.

Peresmian SPAM Kali Dendeng Kupang kemudian ditandai dengan Penekanan Tombol Sirine secara bersama-sama oleh Presiden Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake dan Penjabat Walikota Kupang Fahrensy P. Funay. Dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti oleh Presiden RI ke tujuh itu.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia