Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH,MDC pada Hari Rabu (10/1) berkesempatan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang yang berlokasi di Jalan Mohammad Hatta Nomor 19, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. 

Maksud dari peninjauan kali ini adalah untuk melihat langsung ketersediaan sarana dan prasarana, termasuk kesiapan sumberdaya tenaga medis serta tata kelola layanan kesehatan di rumah sakit kebanggaan milik Pemerintah Provinsi NTT itu. Kupang.

Pada kunjungan tersebut, Penjabat Gubernur NTT yang tiba di lokasi langsung disambut Direktur RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Dr.drg. Mindo E. Sinaga, bersama jajarannya. Penjabat Gubernur juga didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi NTT Ruth Laiskodat bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi NTT drg. Iin Andriany.

Dalam peninjauan ini, Penjabat Gubernur mengamati berbagai fasilitas dan ruangan pelayanan kesehatan. Beberapa ruang didatangi diantaranya Instalasi Gawat Darurat (IGD), Ruang ICU/ICCU, Ruang Poliklinik Check Up, Ruang Rawat Inap (Ruang Mawar dan Ruang Kenanga), Poliklinik Check Up dan Poliklinik Gizi.

Ayodhia juga melihat langsung kondisi pasien yang berada di Rumah sakit, berinteraksi langsung dengan beberapa di antara mereka. Selain itu Penjabat Gubernur juga berdialog dengan pihak rumah sakit terkait ketersediaan fasilitas yang ada seperti jumlah ruang perawatan dan jumlah tempat tidur termasuk ketersediaan sarana kesehatan pendukung lainnya.

Dalam kesempatan itu Penjabat Gubernur NTT menyebut niatnya untuk bersama Kementerian Kesehatan mengupayakan penambahan beberapa fasilitas pendukung pelayanan kesehatan di RSUD yang barusan memperoleh akreditasi paripurna atau bintang lima dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Beliau juga mengatkan akan memberikan perhatian khusus terkait ketersediaan tenaga kesehatan misalnya untuk tambahan dokter spesialis. Dia berharap agar tenaga kesehatan yang ada juga dapat didorong melalui koordinasi dengan penyelenggara beasiswa LPDP. Agar, tenaga medis yang ada, dalam hal ini dokter umum dapat melanjutkan studinya ke jenjang spesialis.

Penjabat Gubernur juga meminta kepada pihak rumah sakit untuk memperhatikan data pasien. Utamanya, terkait Kartu Indonesia Sehat (KIS), sehingga setiap pasien dapat mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik.

Sementara itu Direktur RSUD Prof.Dr. W. Z. Johannes Kupang, Dr.drg. Mindo E. Sinaga, M.Kes mengungkapkan terima kasih atas kunjungan itu. Ia merasa bersyukur karena Penjabat Gubernur NTT dapat melihat langsung ketersediaan serta kebutuhan mereka di Rumah Sakit Umum Daerah Kupang itu. Bersama jajarannya, ia berharap agar semua rencana peningkatan kualitas layanan dapat terealisasi dengan baik.  Secara bersama dapat terus dipenuhi dukungan fasilitas dan sarana juga tambahan tenaga medis dengan kualifikasi dokter spesialis.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia