Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Pada hari Senin, tanggal 3 Mei 2021 LKPP-RI bekerjasama dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda. Provinsi NTT melaksanakan Sosialisasi Persiapan Pengelolaan Katalog Lokal bagi Pemerintah Provinsi NTT. Sosialisasi Katalog ini dilakukan secara daring melalui media zoom meeting dengan Narasumber Bapak Hilman Fazri, SH (Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi Katalog pada LKPP) dan dimoderatori oleh ibu Gebby dari Direktorat Pengembangan e-catalog LKPP.

Dari hasil pemaparan narasumber diketahui bahwa manfaat e-catalog di antaranya adalah agar pengadaan barang/jasa lebih mudah dan cepat, anggaran lebih efisien dan lebih transparan dan akuntabel. Selain itu, disebutkan pula bahwa jumlah Penyedia Lokal pada Katalog Elektronik sebanyak 707 (82%) dan masih akan bertambah. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada figure di bawah ini.

Lebih lanjut dikatakan oleh Pak Hilman bahwa ada tiga jenis katalog elektronik, yaitu Katalog Elektronik Nasional, Katalog Elektronik Sektoral dan Katalog Elektronik Lokal dengan kriteria-kriteria sebagai berikut:

 

Disamping itu, disebutkan bahwa ada dua jalur pengusulan produk katalog lokal, yakni melalui usulan Organisasi Perangkat Daerah berdasarkan kebutuhan rutin pada Perangkat Daerah, atau dapat juga merupakan Kajian yang diusulkan oleh Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah. Saat ini, terdapat tiga metode pemilihan Penyedia, baik secara tender, tender dengan negosiasi dan negosiasi.

Di akhir sosialisasi, Pak Hilman berharap agar Pemerintah Provinsi NTT segera memproses pemilihan Penyedia Katalog Elektronik Lokal, khususnya Komoditas Jasa Kebersihan dan Komoditas Pemeliharaan Rutin Jalan yang sudah diusulkan oleh Pemerintah Provinsi NTT agar segera dapat ditayangkan pada Katalog Elektronik Lokal untuk memenuhi target Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang diinisiasi oleh KPK bekerjasama dengan LKPP dan 34 Pemerintah Provinsi se-Indonesia.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia