Hot News
Ulang Tahun REI
26 Apr06:17:43 PM
Hari Otonomi Daerah 2024
25 Apr06:50:48 PM
Rencana Lokasi PLTS
07 Mar11:06:56 AM

Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Pancasila telah berhasil membuktikan dirinya sebagai ideologi yang tangguh, melawan terpaan ideologi lainnya yang hidup bersama di awal kemerdekaan. Puncak rongrongan Ideologi Komunis yang berdarah misalnya, telah dicatat melalui peristiwa penculikan dan pembunuhan para jendral pada Tanggal 30 September 1965. Peristiwa itu kita peringati setiap tahunnya, untuk mengingatkan warga bangsa akan bahayanya paham lain, yang diimpor dari luar alias tidak lahir dari kearifan bumi pertiwi. 

Atas Kehendak Tuhan melalui perlawanan para pendahulu dan kesadaran Bangsa Indonesia untuk mempertahankan Pancasila, kita masih bisa bersama hingga hari ini.  Bersama dalam keragaman. Bagaimana jika waktu itu terjadi sebaliknya ? Kelihatannya, hal ini baik juga direnungkan saat ini, dalam era serba bebas dengan pertukaran ide dan gagasan menuju masa pemilihan umum Tahun 2024 nanti.  Beberapa isme tampak semakin kuat dan masuk akal, meski mengancam keutuhan kita.

Dalam kesadaran itu, Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Kosmas D. Lana,SH,M.Si memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi NTT tahun ini bertempat di Lapangan Alun-Alun Rumah Jabatan Gubernur NTT pada Hari Minggu, Tanggal 1 Oktober 2023. Tema yang diusung dalam upacara pagi itu adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju."

Dalam upacara ini Sekretaris Daerah Provinsi NTT bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu Kapten Inf Alexander Bessie,S.H (Perwira Seksi Bhakti TNI Siterrem 161/Wira Sakti) bertugas selaku Perwira Upacara dan Letnan Kolonel Armed Karimmudin Rangkuti,S.I.P.,M.Han (Komandan Batalyon Armed 20/Bhadika Yudha) sebagai Pemimpin Upacara.

Turut hadir para Jajaran Pimpinan Forkopimda Provinsi NTT, Pimpinan Perangkat Daerah, TNI, Polri, ASN dan para pelajar perwakilan dari SD, SMP, hingga SMA.

Upacara yang berlangsung dalam suasana penuh khidmat tersebut diawali dengan Komandan Upacara memasuki lapangan upacara, Inspektur Upacara tiba di mimbar upacara (pasukan disiapkan), penghormatan pasukan, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara, diikuti pembacaan teks pancasila oleh inspektur upacara dan diikuti seluruh peserta upacara.

Selanjutnya, pembacaan naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kemudian Pembacaan Ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT, Pembacaan Doa, Andhika Bhayangkari, Penghormatan Pasukan dan dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila, khususnya untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam peristiwa bengis 58 tahun silam. Mengingatkan kembali seluruh anak bangsa, bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. Semoga menjadi momentum refleksi nilai-nilai Pancasila, untuk menyatukan cita-cita Kemerdekaan Bangsa kita.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia