Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Tahun ini, Biro PBJ NTT mendapatkan dua penghargaan, sekaligus. Satunya, Sertifikat Surveillance ke dua, Tahun 2022. Satu lagi, Sertifikat Pengakuan ISO 9001;2015. Diberikan karena kecepatan tim, menjawab temuan audit. Kurang dari sepuluh hari, semua kelar.

Dua predikat itu diserahterimakan pagi ini, mengambil tempat ruang rapat, Senin (22/8/2022). Diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Siscert, kepada Biro PBJ NTT. Legalnya, diberikan Ivar Kusradi D.ST,M.Eng kepada Siprianus Kelen,S.Sos,M.Si. Disaksikan, seluruh ASN Biro PBJ NTT. Acara, dipandu langsung oleh Drs.Bambang Sage,M.Si selaku Koordinator Mutu, Standar Manajemen Mutu, ISO 9001;2015.

Bangga dan haru. Dua rasa ini, memenuhi ruang pertemuan. Betapa tidak. Dua anggota tim internal audit kami, sempat tumbang. Sakit, saat persiapan kegiatan audit tahun ketiga ini. Nama mereka, tidak kami sebutkan di sini. Off the record.

Serasa terbayar. Letih, tegang, sakit. Kerjasama, soliditas tim teruji. Taruhannya, kualitas manajemen mutu unit kerja pengadaan barang dan jasa. Unit yang sudah mendapatkan status sebagai, pusat unggulan (center of excellent) di Tahun 2017 lalu. Satu anggota tim kami, juga berduka. Adik kandung Ibu Sofi Messakh, berpulang kemarin. Hari ini, Sofi tidak bersama kami. Dia ada di tenda duka, SoE. Doa kami, Tuhan melapangkan hati keluarga.

“Saya berharap, ini bisa ditiru perangkat daerah lain. Biro PBJ NTT bisa menjadi contoh, role model, memberi motivasi bagi yang lain. Kurang dari sepuluh hari, mampu menyelesaikan, verifikasi temuan audit,” kata Ivar.

Sebelumnya, Reprensentatif Official Head Siscert Indonesia itu menyampaikan apresiasinya. Ia pun kagum.

“Sudah tiga kali audit, sejak Tahun 2020. Biro PBJ NTT, mampu menyelesaikan seluruh temuan. Lengkap dengan bukti pendukungnya. Responnya sangat cepat, ini luar biasa,” tambah pria yang pernah tinggal di Sikka itu tersenyum.

Ia berharap, agar tim tetap semangat. Penghargaan ini, menjadi pemicu, untuk menguatkan peran organisasi. Tidak saja penguatan orangnya (personil), tetapi juga mutu organisasinya. Akhirnya adalah, peningkatan kualitas layanan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro PBJ NTT menyampaikan ungkapan hatinya. Dengan raut haru. Suaranya, terdengar bergetar.

“Pagi ini, sungguh luar biasa. Hari ini, kita diberikan penghargaan plus. Tidak saja sertifikat, tetapi juga penghargaan tambahan. Sebuah pengakuan. Hadiah terindah, jelang pensiun saya,” tutur Siprianus Kelen,S.Sos,M.Si.

Ucapan terima kasih terlontar, kepada seluruh ASN unit. Terutama, kepada anggota Tim ISO Biro PBJ NTT. Sebab, penghargaan berskala internasional ini bisa didapatkan, dipertahankan.

Pria yang akan memasuki usia 59 Tahun itu, kemudian memberikan pengakuannya. Bangga dan syukur. Disebutnya, secara nasional, LKPP telah juga memberikan penghargaan. Sebagai unit layanan unggulan di Provinsi NTT. 

“Sudah tahun ke tujuh, saya masih memimpin Biro PBJ NTT. Itu bukan karena kepintaran saya. Tetapi, karena teman-teman solid, membantu saya. Membangun kerjasama tim yang hebat,” tambah Sipri, seraya menyebut bahwa penghargaan ini, adalah bukti komitmen bersama.

Dengan terbuka, ia mengakui dukungan rekan-rekan kerja. Ia mengaku bangga, menerima dua penghargaan ini. Sambil berharap, agar seluruh ASN menjadi lebih bergairah. Untuk, menyelesaikan tugas-tugas lain kedepannya.

Semoga, peristiwa ini terus dikenang. Menjadi penyemangat. Menjadi nyala spirit, meningkatkkan kualitas layanan unit, hari demi hari. Biro PBJ NTT, semakin eksis.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia