Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

“Bukti-bukti temuan audit tahun lalu tersedia. Sample evidance dan penjelasan auditee yang kami temui juga cukup baik,” demikian sebut Ivar Kusradi.D,ST.M.Eng dalam rapat penutupan kegiatan audit surveillance tahap pertama sore itu, Kamis (2/9).

Dengan lugas, Ivar memberi apresiasi untuk kerja cerdas tim pengendali mutu dan auditor internal Biro Pengadaan Barang dan Jasa, dalam pelaksanaan manajemen mutu ISO 9001:2015 di tahun 2021 ini. Lead auditor Zsutest itu memuji. Ia mengakui ada peningkatan performa, jika dibandingkan dengan pelaksanaan audit tahun sebelumnya.

“Secara teknis memang saya memberi pressure lebih. Dan, bapak ibu semuanya berhasil menunjukan komitemen perubahan. Tahun depan pasti kami naikan lagi tensi level pengukurannya,” tambah Ivar tersenyum sambil menambahkan pesannya untuk lebih siap lagi di tahun berikut.

Apresiasi positif itu membuat legah seluruh peserta kegiatan yang hadir di ruang rapat Biro PBJ. Semua persiapan yang dilakukan serasa terbayar lunas, mendengar kata-kata pria santun yang berdomisili di Jogjakarta itu.

Dalam penjelasan detailnya, disebutkan tiga temuan minor yang perlu dilengkapi bukti dukungnya dalam empat belas hari ke depan. Tidak lupa, disebutkan juga empat saran perbaikan dalam hasil observasinya untuk meningkatkan efektifitas kegiatan biro.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari itu mewajibkan seluruh pejabat biro untuk terlibat. Menggunakan metode sampel dan komparasi, kepala biro, tiga kepala bagian bersama delapan kepala sub bagian diwawancarai. Semua rincian aktivitas urgen diamati. Selanjutnya dilakukan review atas seluruh dokumentasi dan jejak mutu layanan unit.

Pemeriksaan diakhiri dengan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Semua hasil temuan yang disampaikan akan dilengkapi, sebelum tenggat waktu yang diberikan.

Untuk diketahui bahwa dalam kegiatan audit surveillance tahun pertama ini, Biro Pengadaan Barang dan Jasa menjadi salah-satu dari sepuluh perangkat daerah yang dikunjungi. Terjadwal, aktivitas audit pengawasan tahun ini dimulai sejak tanggal 1 hingga tanggal 10 September nanti.

Sembilan perangkat daerah lain yang juga diaudit yaitu Badan Kepegawaian Daerah, Biro Organisasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Inspektorat Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Biro Pemerintahan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Dinas Kepemudaan dan Olahraga. Dua mitra pemerintah yang juga berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi NTT.

Menyusul tahun ini, 29 perangkat daerah lainnya ikut serta untuk juga memenuhi standar layanan yang dipersyaratkan. Pada akhirnya, kita berikhtiar, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bisa lebih meningkatkan kualitas layanan kepada publiknya. Semoga…

 

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia