Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Hidup damai adalah seni,

Masak daging mari kemari…

Bersyukur kawan di pagi ini,

Sejuta nikmat telah diberi…

Begitu pantun penutup acara Se’i Sapi (Sebarkan ilmu Samakan persepsi) pagi hari ini, Selasa (26/7/2022). Dibacakan sebait oleh Emanuel Tonapa,S.Tr.IP, moderator dalam sesi diskusi bersama seluruh ASN Biro PBJ NTT. Dengan berat hati, pejabat fungsional umum itu mengakiri acara.

Kali ini, Se’i Sapi disajikan dengan materi Pengantar Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP). Modul ke dua dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan LKPP itu dibawakan dengan baik oleh Jans Sibu,SE.

Dalam materinya, Jans mengingatkan kembali defenisi dasar PBJP. Garis besar pengadaan melalui swakelola maupun lewat penyedia. Ruang lingkup, jenis dan cara pelaksanaan pengadaan.

Pada bagian kedua paparannya, Trainer Pengadaan itu menjelaskan lagi tujuan, kebijakan, prinsip, etika hingga aspek hukum dalam pengadaan barang dan jasa. Selanjutnya, diuraikan siapa saja yang terlibat sebagai pelaku, dalam urusan ini.

Tak lupa, ditegaskan kembali ketentuan afirmatif bagi peningkatan peran usaha kecil, Koperasi dan UMKM. Termasuk, penggunaan produk dalam negeri dan pengadaan yang berkelanjutan.

Terkait digitalisasi pengadaan, disebutkan cara pengadaan secara elektronik dengan memanfaatkan e-marketplace. Dilakukan menggunakan fasilitas katalog elektronik, toko daring dan pemilihan penyedia. Semuanya telah tersedia dalam sistem informasi. Disuport dalam Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan sistem pendukungnya.

Tidak kalah penting, topik tentang sumberdaya manusia dan kelembagaan PBJ. Berikut, optimalisasi fungsi pengawasan, pengaduan, sanksi dan pelayanan hukum.

Diskusi menarik ada pada topik tentang kedudukan dan wewenang PPK. Juga, aspek hukum dalam dunia pengadaan. Dua topik itu memberi tambahan perspektif baru.

Drs.Bambang Sage,M.Si menginformasikan menu baru dalam LPSE. Versi anyar tertanggal 19 Juli 2022 itu, telah dilengkapi dengan menu validasi dan konfirmasi. Bagi PPK yang tidak memiliki sertifikat kompetensi dasar, otomatis tidak akan bisa mengakses sistem informasi dimaksud.

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta diharapkan dapat menjelaskan gambaran umum terpaut PBJP. Menjadi kebutuhan dalam kompetensi dasar, harus dimiliki seluruh ASN Biro PBJ NTT. Nantikan menu Se'i Sapi berikutnya. Salam sehat, untuk makan siang kita.

 

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia