Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Sesaat setelah melakukan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU), Gubernur NTT langsung menuju ke Hotel Meruorah, Komodo, Labuan Bajo, Jumat (24/6/2022). Dalam keterangan pers yang diterima, Gubernur Viktor bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Direktur Utama PT PLN (persero) Darmawan Prasodjo melakukan Launching Sepeda Motor Listrik PLN. Sekaligus, digelar parade motor listrik yang diikuti oleh seluruh stakeholders.

Parade ini merupakan wujud komitmen PLN, mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik yang lebih ramah kepada lingkungan. 48 motor yang digunakan pada parade kali ini, sebagian besar merupakan motor hasil konversi dari motor BBM ke motor listrik. Hasil modifikasi bengkel lokal. Hal ini menjawab keraguan akan kemampuan teknisi di daerah. Kehadiran motor listrik ini juga dapat menjadi pengerak perekonomian masyarakat.

Puluhan rangkaian kendaraan non Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut melaju bersama, menempuh jarak sekitar 3,2 kilometer. Rute perjalanan diawali dari Hotel Merourah, menuju Kampung Ujung dan kembali berakhir di Hotel Merourah. 

Berkeliling Labuan Bajo, memberikan pengalaman bagi para pemangku kepentingan, merasakan kenyamanan berkendara motor listrik, yang merupakan hasil inovasi anak bangsa. Sekaligus, memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, untuk menggunakan motor listrik. Terutama, karena status Labuan Bajo saat ini yang telah dikenal sebagai salah-satu titik Destinasi Pariwisata Super Premium. Kedepannya, Pemerintah akan mengajak semua kalangan memanfaatkan produk kendaraan modern itu.

Acara ini merupakan salah-satu agenda dari rangkaian Kegiatan Sidang Energy Transition Working Group kedua (ETWG-2). Menjadi bagian dari pelaksanaan even berskala dunia, Presidensi G20 Indonesia.

Dijelaskan Menteri ESDM, Arifin Tasrif, bahwa inovasi motor listrik tersebut tentu akan sangat bermanfaat kedepannya. Akan menjadi alternatif kendaraan ekonomis, dimana sumber energi fosil pasti berkurang dan dialihkan ke energi baru.

“Ini adalah inovasi untuk masa depan kita semua. Ke depan, bukan hanya motor listrik saja. Kita juga akan kembangkan kendaraan listrik yang lain, seperti perahu atau kapal nelayan dengan energi listrik,” tuturnya.

Gubernur Viktor juga berharap kepada PLN, untuk terus bersinergi dengan pemerintah daerah. Untuk meningkatkan dan memaksimalkan seluruh potensi dan inovasi yang ada, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Terima kasih untuk PLN yang telah memberikan kepedulian besar kepada Labuan Bajo, karena ini kota konservasi. Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20, dalam menginisiasi peralihan dari energi fosil berbasis impor menjadi energi baru terbarukan. Energi berbasis domestik yang lebih murah dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, hari ini, kita bersama Pak Menteri ESDM melakukan uji coba motor listrik di Labuan Bajo. Ini merupakan kampanye kepedulian kita terhadap lingkungan, yang akan terus kita lakukan,” begitu ungkap NTT satu itu.

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia