Hot News
Ulang Tahun REI
26 Apr06:17:43 PM
Hari Otonomi Daerah 2024
25 Apr06:50:48 PM
Rencana Lokasi PLTS
07 Mar11:06:56 AM

Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat  bersama Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi menerima kunjungan Duta Besar Italia untuk Indonesia, Bernadetto Latteri di ruang Kerja Gubernur, Kamis (23/2). Gubernur VBL menyampaikan apresiasi atas kunjungan Duta Besar itu ke Nusa Tenggara Timur. 

"Selamat datang di Nusa Tenggara Timur. Kami berharap Bapak Dubes dapat menikmati keindahan Nusa Tenggara Timur. Kami tentu membuka diri dan berbangga jika ada tawaran program kerja sama untuk kemajuan dan pembangunan di Provinsi ini," kata Gubernur Viktor. 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur NTT menyampaikan berbagai potensi  sumber daya alam yang dimiliki, di antaranya potensi Energi Baru Terbarukan (EBT). 

"NTT ini merupakan salah satu Provinsi yang kaya akan sumber Energi Baru Terbarukan  seperti matahari, panas bumi, arus laut, angin dan air. Dan kita tahu dunia saat ini sedang menuju ke sana  karena lebih ramah lingkungan serta mulai perlahan-lahan meninggalkan penggunaan energi fosil," jelas Gubernur. 

Gubernur mengungkapkan pengembangan Pembangkit  Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Sumba menjadi salah-satu proyek strategis untuk pemenuhan kebutuhan listrik nasional. 

"Kita bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada untuk pengembangan PLTS ini. Potensi energi listrik tenaga surya di Sumba diperkirakan mencapai 5 Gigawatt. Untuk tahap awal kita akan mengembangkan dulu sebesar 2 Gigawatt untuk memenuhi kebutuhan listrik  Nusa Tenggara, Bali dan Jawa. Bahkan nanti rencananya bisa  diekspor juga ke Singapura. Sudah ada beberapa investor luar negeri dan dalam negeri yang ingin terlibat dalam pengembangan PLTS di Sumba ini. Kita harapkan tahun ini dengan dukungan pemerintah pusat, pekerjaan ini harus sudah dimulai. Kalau ada investor dari Italia yang ingin terlibat dalam pengembangan energi baru terbarukan di NTT, kami tentu sangat senang," begitu tawar NTT satu itu. 

Duta Besar Italia untuk Indonesia, Bernadetto Latteri menyambut antusias tawaran Gubernur tersebut. Beliau juga sepakat bahwa transisi energi dari energi fosil menuju energi baru terbarukan merupakan suatu keharusan. 

"Transisi energi memang harus segera dilakukan untuk mencegah perubahan iklim yang lebih ekstrem. Pemerintah Italia sangat menaruh perhatian yang besar terhadap isu ini. Saya akan berbicara dengan para investor asal Italia tentang peluang investasi energi terbarukan di NTT ini," jawab Bernadetto Latteri. 

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Bernadetto juga membicarakan kemungkinan kerjasama untuk pengembangan potensi perikanan dan kelautan seperti alga, kesehatan, pariwasata dan lingkungan hidup. 

Turut mendampingi Dubes Italia, Filippo D'Antoni, Director Ansaldo Energia Branch Indonesia.  

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral NTT, Yusuf Adoe, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTT, Ondy Siagian, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Zet Sonny Libing, Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan NTT,  Stefania Tunga Boro, Kepala Biro Administrasi Pimpinan NTT, Prisila Parera. 

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia