Warta Biro Barjas

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi NTT

“Aset terbesar Provinsi ini ada pada pelayan publiknya. Kalau aset ini bergerak, bertumbuh dengan baik maka semuanya akan bergerak baik. Begitu juga sebaliknya, kalau aset ini tidak bergerak, yang lain juga tidak akan bergerak.”

Demikian salah-satu petikan sambutan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pada acara ramah-tamah, memasuki masa purnabakti Ir.Benediktus Polo Maing. Pelepasan masa tugas Sekretaris Daerah Provinsi NTT masa bakti 2017 hingga 2022 itu berlangsung di Aula El Tari Kupang, Senin (06/06/2022).

Terkait itu, Gubernur Viktor menekankan pentingnya daya tahan akan tekanan (adversity quotient). Kemampuan seseorang untuk mengatasi dan menghadapi keadaan yang sulit. Kesiapan mental untuk bekerja di bawah tekanan.

Ditambahkan NTT satu itu, dalam pandangan orang ekonomi, tidak boleh ada satu pun aset yang macet. Tidak boleh ada satu pun aset, dibiarkan tidak produktif. Untuk mencapai produktivitas yang tinggi itu, semua lini harus digerakan.

Pada bagian awal sambutannya, Gubernur VBL mengajak seluruh yang hadir untuk memberi apresiasi kepada Sekda Ben Polo Maing. Menyentil makna tarian Moko Nona yang disuguhkan UPTD Taman Budaya NTT dalam acara, Gubernur berpesan kepada Pak Ben untuk terus bekontribusi. Gubernur menyebut makna tarian asal Alor itu mengandung pesan, agar Pak Ben dan Ibu Maria Goreti Sri Rahayu tidak pensiun. Tidak pensiun dari kerja-kerja untuk kemanusiaan. Walaupun, sudah berhenti sebagai Aparartur Sipil Negara.

Lebih lanjut disebutkan Politisi Nasdem itu bahwa, cara orang di luar melihat NTT hari ini, sudah berbeda. NTT sudah dilihat sebagai salah-satu provinsi yang exotic. Provinsi yang berada pada daerah yang super prioritas, untuk dibangun.

Gubernur juga mengajak seluruh ASN untuk berpikir wirausaha. Berpartisipasi aktif, bekerja kolaboratif, menyukseskan program kerja Pemerintah Provinsi NTT. Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS), pengembangan pariwisata, sektor perikanan, perindustrian, UMKM dan sektor lainnya. Ajak seluruh masyarakat, untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT.

Dalam sambutan sebelumnya, Ir.Benediktus Polo Maing menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh ASN. Ayah empat orang anak itu berpesan, agar para ASN yang masih aktif dapat terus memberikan dukungan kepada pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

Beliau kemudian membagikan refleksi pengalamannya bertugas, bersama Gubernur Viktor dan Wakil Gubernur Josef.  Disarikan beberapa pesan, semisal, untuk bekerja secara komprehensif. Agar tidak bekerja sendiri. Bekerja dalam sebuah ekosistem. Bekerja bersama masyarakat, off taker, pemerintah, swasta perguruan tinggi dan pihak lainnya.

Menurutnya, banyak juga ilmu yang dipelajari dari kedua pemimpin daerah ini. Mereka mampu mengenal potensi di balik kekurangan kita, berpikir visioner, beretos kerja tinggi dan militan. Mereka berpikir tidak biasa, dengan cara kerja dan strategi yang juga luar biasa. Ia bersyukur karena mendapatkan dua sosok pemimpin hebat seperti Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Wakil Gubernur, Josef Nae Soi.

AKhirnya, beliau menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua yang hadir. Untuk semua dukungan yang telah diberikan kepada dirinya dan keluarga.

Sementara itu, Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Johanna E. Lisapaly dalam sambutannya menyebut Ir. Benediktus Polo Maing, sebagai sosok panutan bagi banyak orang. Johanna menyebut Pak Ben dengan karakter yang rendah hati. Beliau tidak membuat jarak dengan bawahan, meskipun memegang jabatan dengan eselon tertinggi di daerah.

Dalam kesaksiannya, Johanna juga menilai sosok Ben sebagai pribadi yang sederhana dan sangat bersahaja. Keluarganya pun demikian. Ia sangat tenang, sangat teliti menyusun konsep. Mereka mengenal beliau sebagai seorang pekerja keras.

 

 

 

Artikel Lainnya :

Biro Pengadaan Barang dan Jasa

ProvinsiN T TNusa Tenggara Timur
Alamat
Sayap Timur Gedung Sasando Lt.2
Jl. El Tari No.52
Kota
Kupang
Nusa Tenggara Timur
Indonesia